Selasa, Februari 03, 2009

Perbedaan Anak Laki-laki dengan Anak Perempuan


Mengasuh anak perempuan dengan anak laki-laki tentu berbeda. Oleh karena itu, supaya orangtua lebih mudah menyesuaikan dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan anak maka penting bagi orangtua mengetahui karakter dasar antara anak laki-laki dan anak perempuan .


Di bawah ini adalah beberapa perbedaan sederhana yang dimiliki oleh anak laki-laki dan anak perempuan (John Gray, Ph.D., 2004), yaitu:

Anak laki-laki

1. Anak laki-laki butuh lebih banyak cinta, perhatian, dan penghargaan mengenai apa yang mereka lakukan, kemampuan mereka untuk melakukannya tanpa bantuan dan perbedaan yang mereka buat.
2. Anak laki-laki butuh dikagumi atas apa yang mereka lakukan secara lebih baik. Akuilah apa yang mereka lakukan.
3. Anak laki-laki lebih butuh dimotivasi dan diberi semangat.
4. Anak laki-laki paling bahagia bila merasa dibutuhkan dan dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan. Ia menjadi sedih kalau ia merasa tidak dibutuhkan atau tidak mampu menyelesaikan tugas yang dihadapinya.
5. Anak laki-laki terutama butuh dipercaya, diterima, dan dihargai agar menjadi penuh kepedulian dan termotivasi.



Anak perempuan

1. Anak perempuan butuh lebih banyak cinta, perhatian, dan pengakuan mengenai siapa mereka itu, apa yang mereka rasakan, dan apa yang mereka inginkan.
2. Anak perempuan butuh lebih disayangi. Pujilah siapa dia itu.
3. Anak perempuan lebih butuh bantuan dan diyakinkan kembali.
4. Anak perempuan paling bahagia kalau ia merasa dapat memperoleh dukungan yang dibutuhkan. Ia sedih kalau ia merasa tidak dapat memperoleh dukungan itu dan terpaksa melakukan sendiri semuanya.
5. Anak perempuan terutama butuh dipedulikan, dihormati, dan dimengerti agar menjadi penuh kepercayaan dan perhatian.

0 Comments: